IP Address

Hai sahabat,berjumpa lagi dengan saya,kali ini saya akan menjelaskan mengenai IP Address.
Baiklah tanpa basa-basi lagi mari kita ke pembahasan yang pertama.Protokol Komunikasi

1. Protokol Komunikas
Protokol komunikasi adalah sistem aturan yang memungkinkan dua atau lebih entitas dari sistem komunikasi untuk mengirimkan informasi melalui segala jenis variasi kuantitas fisik. Protokol mendefinisikan aturan,sintaksi,simantik dan sinkronisasi komunikasi,dan kemungkinan metode pemulihan kesalahan. Protokol dapat diimplementasikan oleh perangkat keras,perangkat lunak,atau kombinasi keduanya.

2. IP AddressIP Address adalah deretan angka biner yang terdiri dari 32 bit sampai 128 bit,yang digunakan sebagai alamat identifikasi setiap device yang terkoneksi dengan jaringan internet. IP Address ini diibaratkan seperti nomor rumah, jadi tiap satu IP dengan IP lainnya tidak boleh sama atau berbeda.

3. Network ID
Network ID adalah sebuah alamat (network prefix) yang dijadikan sebagai identitas dari suatu jaringan,Yang sering menjadi masalah tentunya dalam menentukan Network ID tersebut. Permasalahan ini sering ditemukan pada saat melakukan konfigurasi Routing. Baik itu statik routing maupun pada dynamik routing. Dimana pada perintah statik routing maupun dynamik routing diharuskan menyebutkan Network ID (Network Prefix).

4. Host ID
Host ID adalah IP Address yang dapat digunakan untuk client/user.Host ID adalah byte setelah byte-byte dari Network ID pada sebuah alamat network,yang menunjukkan host itu sendiri.

5. Subnetmask
Subnetmask adalah istilah teknologi informasi yang membedakan Network ID dan Host ID atau sebagai penentu porsi Network ID dan Host ID pada deretan kode biner. Fungsi dari Subnetmask sendiri adalah untuk membedakan Network ID dengan Host ID,dan menentukan alamat tujuan paket data apakah lokal atau remote.

6. Broadcast
Broadcast adalah sebuah metode dalam pengiriman data,dimana data akan dikirim ke banyak titik sekaligus tanpa melakukan pengecekan apakah alamat yang dituju siap untuk menerima data atau tidak,dan juga pengiriman paket juga tidak memperdulikan apakah data tersebut sampai pada alamat yang dituju atau tidak.

7. Pembagian IP Address
IP Address dapat dipisahkan menjadi 2 bagian, yakni bagian network (net ID) dan bagian host (host ID).
Net ID berperan dalam identifikasi suatu network dari network yang lain,sedangkan host ID berperan untuk identifikasi host dalam suatu network.
Jadi, seluruh host yang tersambung dalam jaringan yang sama memiliki net ID yang sama. Sebagian dari bit-bit bagian awal dari IP Address merupakan network bit/network number,sedangkan sisanya untuk host. Garis pemisah antara bagian network dan host tidak tepat,bergantung kepada kelas network. IP address dibagi ke dalam lima kelas, yaitu Kelas A, Kelas B, Kelas C , Kelas D,dan Kelas E. perbedaan tiap kelas adalah pada ukuran dan jumlahnya.

Gambar di atas adalah gambar tabel perbedaan Byet pada kelasA,B,C,D,E

Nah sahabat,sampai disini dulu pembahasan saya mengenai IP Address. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk sahabat semua.

Komentar

Postingan Populer